Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Pemasaran Buah Kurma Secara Lokal yang Tepat



Memiliki suatu usaha yang digunakan sebagai tumpuan hidup adalah keinginan banyak orang. Banyak orang berusaha dalam mencari rezeki dengan membuka usaha. Tujuannya adalah supaya usaha yang dikembangkan dengan perlahan-lahan dari mulai nol dapat berkembang semakin besar dan menghasilkan keuntungan atau laba. Demi mencapai hal tersebut segala usaha dan upaya terus dilakukan untuk mewujudkannya. Usaha yang dilakukan harus berprogres dan maksimal sehingga tingkat kestabilan kontinuitas usaha yang dimiliki akan berjalan dengan baik. Mengutamakan mutu dan kualitas juga harus terus dilakukan untuk menjaga tingkat kepuasan dari pelanggan. Tentunya sebagai seorang pengusaha menginginkan pelanggan untuk datang kembali membeli barang ke tempat kita, bukan? Keinginan untuk selalu melakukan transaksi pembelian ini merupakan hal yang perlu dilakukan. Ekspansi bisnis usaha juga diperlukan, sebelumnya telah disinggung sedikit mengenai tujuan berkembangnya suatu usaha. Hal tersebut perlu dilakukan agar jaringan konsumen yang kita miliki semakin luas. Begitu pun saat akan melakukan ekspansi usaha buah kurma. Sebagai seorang pengusaha kita harus selalu berpikir untuk maju. Buatlah sasaran target market yang tepat agar saat melakukan teknik pemasaran buah kurma secara lokal dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Perlunya mengkaji suatu strategi untuk memasarkan produk yang hendak dijual merupakan langkah yang tepat untuk melancarkan usaha yang akan kita kembangkan. Salah satu produk yang banyak peminatnya adalah buah kurma. Buah ini merupakan buah asli dari Timur Tengah. Bentuknya yang unik dengan rasa yang manis mampu memikat banyak konsumen. Apa sih yang ada di pikiran kalian jika mendengar kata kurma? Ramadan? Puasa? Maanis? Tebakan anda memang benar, buah kurma sangat identik dengan bulan Ramadhan, karena buah kurma digunakan sebagai side dish untuk makanan sahur maupun berbuka. Buah kurma banyak mengandung nutrisi dan mineral potasium yang berfungsi sebagai penghalang reseptor dari dopamin sehingga akan menstimulasi pelepasan dari prolaktin.  Buah kurma memiliki banyak jenis, sehingga anda dapat menyesuaikan kebutuhan untuk memilih jenis buah mana yang akan anda beli. Sebelumnya kita membahas mengenai identical buah kurma dengan bulan Ramadhan, nah jika tidak sedang Ramadan apakah kurma akan hilang dari pasar? Jawabannya adalah tidak, karena buah ini telah memiliki target pasar tersendiri. Jadi diperlukannya strategi pemasaran buah kurma secara lokal untuk tetap menjaga kestabilan pasar.

Jenis-Jenis Kurma Yang Menjadi Primadona Masyarakat

Pemasaran buah kurma secara lokal sudah banyak dijumpai di berbagai tempat. Apalagi saat menjelang bulan Ramadhan berbagai macam jenis kurma bisa kita temukan. Berikut ini adalah jenis kurma yang biasanya menjadi primadona di masyarakat.

  1. Kurma Ajwa

Memiliki warna coklat tua kehitaman yang memiliki rasa manis serta tekstur buahnya lembut. Jenis kurma ini dinilai sebagai kurma yang paling baik.

  1. Kurma Amber

Kurma Amber memiliki warna yang mirip dengan kurma ajwa, yang membedakannya adalah bentuknya yang sedikit lebih lonjong. Tekstur buah kurma Amber sedikit kering dan tebal.

  1. Kurma Medjool

Bentuk dari buah kurma Medjool besar dan memiliki tekstur yang lembut.

  1. Kurma Sukkari

Buah kurma Sukkari memiliki warna coklat gelap dan menjadi best seller di masyarakat Indonesia. Daging buah kurma yang lembut menjadi salah satu ciri khas yang tidak bisa dipisahkan dari jenis ini.

Strategi Pemasaran Buah Kurma Secara Lokal yang Tepat

Setiap pengusaha memiliki cara dan strategi khusus untuk tetap menstabilkan usahanya. Tentunya harus melewati berbagai trial error untuk mendapatkan formula strategi yang tepat. Strategi yang dipersiapkan harus memiliki pandangan yang jauh ke depan. Artinya pengusaha harus mempersiapkan keputusan jangka panjang untuk melihat seberapa jauh usaha buah kurma yang dimiliki akan berjalan. Strategi pemasaran buah kurma secara lokal harus tetap berdasarkan pedoman visi dan misi usaha. Hal ini menjadi suatu patokan agar usaha yang dibawa ini mencapai tujuan yang tepat. Pembagian pekerjaan sumber daya manusianya harus diperhatikan dengan baik, supaya dapat bekerja bersama-sama dalam mewujudkan tujuan. Dalam hal ini pemasaran buah kurma secara lokal merupakan suatu proses keseluruhan dalam usaha. Pemasaran diperlukan untuk memperluas jaringan usaha dan konsumen. Strategi potensial dalam pemasaran buah kurma secara lokal adalah dengan menggunakan analisa market dan konsumen. Klasifikasi mengenai konsumen yang potensial untuk membeli kurma harus dibedah dengan rinci.

 Target Pasar Pemasaran Buah Kurma Secara Lokal

Era perkembangan dunia yang sudah sangat maju dalam berbagai bidang menjadikan sebuah startegi pemasaran diperlukan. Strategi usaha harus bisa beradaptasi dengan perkembangan pasar saat ini agar nantinya tidak tertinggal. Begitupun saat akan memasarkan buah kurma secara lokal, kita harus memerlukan target pasar tertentu agar kebutuhan akan kurma dapat tersalurkan. Berikut ini adalah beberapa target pasar yang bisa dipilih sebagai tempat pemasaran buah kurma secara lokal :

  1. Pusat Oleh-Oleh Umroh dan Haji

Tempat ini dapat menjadi sasaran market untuk pemasaran buah kurma secara lokal. Buah kurma memang memiliki identitas yang melekat bahwa termasuk buah yang berasal dari Timur Tengah. Nah tempat ini sangat cocok anda pilih untuk memasarkan buah kurma. Dalam toko ini tersedia lengkap oleh-oleh dari Timur Tengah khususnya Arab Saudi. Berjejer banyak sekali jenis-jenis kurma dengan berbagai pilihan. Tidak ada salahnya mencoba memilih pusat oleh-oleh umroh dan haji sebagai pemasaran buah kurma secara lokal.

  1. Wisata Religi

Pemasaran buah kurma secara lokal dapat menargetkan tempat wisata religi. Biasanya di kawasan wisata religi menjual berbagai hal, mulai perlengkapan ibadah, Al Quran, baju muslim pria dan wanita, wewangian, dan makanan-makanan khas. Anda bisa menemukan banyak makanan khas daerah setempat maupun khas Timur Tengah. Saat anda pergi ke wisata religi pasti anda banyak menjumpai penataan rapi kurma yang sengaja disusun untuk menarik perhatian pembeli. Wisata religi dapat menjadi tempat yang tepat untuk pemasaran buah kurma secara lokal. Target market yang sudah jelas akan memudahkan anda dalam memasarkan buah kurma. Anda perlu melakukan strategi yang tepat untuk menambah power double kill dalam pemasaran buah kurma secara lokal di tempat wisata religi.

  1. Bazar UMKM

Tujuan dari suatu bazar umkm adalah untuk membantu mendorong perkembangan hingga pertumbuhan ekonomi pelaku usaha menengah hingga kecil. Biasanya market ini telah disediakan oleh pemerintah untuk mewujudkan produktivitas dan daya saing dari produk yang dihasilkan. Jangkauan jaringan bisnis akan semakin meningkat dan tumbuh relasi-relasi baru. Anda bisa memanfaatkan market ini sebagai ajang branding untuk pemasaran buah kurma secara lokal. Oleh karena itu bazar umkm bisa menjadi pilihan untuk tempat pemasaran buah kurma secara lokal.

  1. Media Sosial dan Online Shop

Pilihan terakhir ini merupakan salah satu hal yang dapat anda pertimbangan dengan baik. Pengguna media sosial dan online shop saat ini sudah sangat banyak. Beragam kebutuhan juga dapat ditemukan dengan kemudahan teknologi. Tidak ada salahnya anda mencoba peruntungan untuk melakukan pemasaran buah kurma secara lokal di sini. Jangkauan pasarnya lebih luas dan berasal dari berbagai wilayah. Penjualan akan semakin efektif jika strategi pemasaran yang anda miliki dipadukan dengan digital marketing. Cara ini merupakan langkah yang tepat dan harus anda coba. 

Jika anda butuh kurma segar untuk memulai bisnis, Anda dapat membeli kurma segar melalui  https://ruthobrayan.com/ atau pun bisa WA ke +628176926789.

Posting Komentar untuk "Langkah Pemasaran Buah Kurma Secara Lokal yang Tepat"