Strategi Pemasaran Produk
Assalamualaikum
Wr.Wb
Selamat datang di artikel saya lagi, pada kesempatan
kali saya akan melanjutkan artikel yang sebelumnya, langsung aja baca artikel
di bawah ini…
1. Memilih
Tempat Usaha Strategis
Selanjutnya
adalah memilih tempat yang pas untuk lokasi Usaha Anda. Pilihlah tempat yang
ramai, atau sesuai dengan hasil riset pelanggan Anda. Jika produk yang Anda
tawarkan berupa jilbab/baju muslim anak muda maka cocok dijual di
universitas-universitas terutama berbasis agama Islam.
Selain
strategis, pastikan lokasi Anda mudah untuk di jangkau pelanggan, jangan pilih
tempat yang masuk-masuk gang dan sulit di jangkau. Usahakan ditempat yang mudah
di jangkau, misalkan di pinggir jalan utama, atau yang lain.
Pemilihan
lokasi tersebut merupakan salah satu strategi mereka untuk menjaring pelanggan.
Karena itu, pilihlah lokasi usaha yang strategis dan tepat agar usaha anda
dapat di jangkau oleh pelanggan
2. Manfaatkan
Online/Internet Marketing
Manfaatkan
dengan sebaik mungkin teknologi yang sudah ada. Karena dengan pemanfaatan
teknologi secara maksimal maka pengefisiensian perusahaan akan lebih baik.
Biaya-biaya pengeluaran dapat ditekan seminim mungkin.
Ada banyak
model online marketing yang paling populer adalah Search Engine Optimization dan
Social Media Optimization Keduanya
sama-sama bagus, tergantung pada model produk yang Anda jual. Kalau SEO lebih
cocok jika produk Anda adalah produk yang dicari, sedangkan SMO lebih cocok
jika produk Anda adalah produk kebutuhan sehari-hari.
Jika Anda
bisa memanfaatkan SEO dan SMO secara efektif, maka biaya marketing Anda dapat
ditekan dengan sangat maksimal. Anda tidak perlu mencetak brosur, banner,
baliho, dll. Karena semua sudah ditopang dengan adanya internet.
3. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Pelanggan adalah aset yang paling
berharga, perlakukan pelanggan degnan sebaik mungkin. Jalinlah hubungan
baik dengan konsumen, dengan cara menanggapi feedback dan
masukan dari mereka. Mintailah testimoni-testimoni tentang produk Anda, dan
sesekali berilah reward misal berupa diskon karena telah menjadi
pelanggan setia.
Hal ini sangat penting untuk menjalin kedekatan
psikologis dengan pelanggan. Pelanggan akan merasa dihargai dan
dibutuhkan, efeknya? Mereka dengan senang hati untuk mereferensikan produk Anda
kepada orang-orang yang ditemuinya.
4. Evaluasi dan Peningkatan Produk
Lakukan evaluasi secara rutin dengan tim untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan yang selama ini terjadi. Evaluasi penting
dilakukan agar peningkatan produk dapat terjadi. Karena tanpa adanya inovasi
produk maka produk kita akan kadaluarsa dan kalah dengan pesaing.
Itu tadi adalah sekedar tips untuk
pemasaran produk semoga bermanfaat bagi Anda.
Posting Komentar untuk "Strategi Pemasaran Produk"